Pages

Friday 22 June 2012

Perbedaan Windows Phone 8


Beberapa waktu yang lalu Windows Phone 8 atau juga sering disebut WP8 ini resmi diperkenalkan oleh Microsoft. Ini lantas menjadi berita baik bagi fans-fans Windows Phone maupun penggemar teknologi. Walaupun OS ini terkesan telat dibandingkan kompetitornya, Windows Phone 8 tetap menjadi “waiting list” yang sangat ditunggu-tunggu oleh beberapa kalangan. Sebenarnya apa saja perbedaan Windows Phone 8 ini dengan Windows Phone 7? Mari kita simak.

Interface baru
Walapun tetap mengusung gaya metro style, perbedaan Windows Phone 8 ini dengan versi sebelumnya adalah tampilan kotak-kotak yang terlihat lebih banyak. Ini karena windows phone mempunyai resolusi layar yang lebih besar, jadi layar dapat menampung lebih banyak tiles. Ukuran tiles ini juga dapat diperbesar maupun diperkecil, mirip dengan Windows 8 yang ada di PC atau Tablet.

Mendukung layar resolusi tinggi
Windows phone sebelumnya hanya mensupport 1 tipe resolusi layar saja, yaitu WVGA (800x480) pixel. Namun pada versi baru ini, Windows phone dapat mensupport resolusi yang lebih tinggi lagi. Diantaranya WXGA (1280x768) dan 720p (1280x720).

Menggunakan  kernel baru
Pada Windows Phone terbaru ini, kernel yang digunakan benar benar beda dari versi sebelumnya. Versi terbaru WP ini mengunnakan kernel NT. Kernel NT ini sudah digunakan pada Windows 8 pada PC dan Tablet. Jadi, tujuan dari microsoft sendiri agar platform Windows Phone 8 dan Windows 8 dapat berjalan beriringan dalam hal membangun aplikasi, ataupun dalam hal konektifivitas.

Mendukung prosesor multi core
Pada Windows Phone 7, prosessor yang digunakan hanya terbatas hanya satu core saja. Berbeda dengan versi terbaru ini, Windows Phone 8 kini mendukung dari dual core, quad core, dan maximal 64 core!. Support ini dapat terealisasikan karena Windows Phone 8 kini sudah menggunakan kernel baru, seperti yang dijelaskan sebelummnya.

Dukungan NFC
Windows phone 8 kini telah mendukung NFC atau sering disebut dengan Near Field Communication. Fitur ini tentu menjadi hal yang wajib ada pada versi WP yang baru ini, mengingat kompetitiornya sudah jauh hari mendukung teknologi ini.

Mendukung Micro SD card
Kali ini Windows phone 8 sudah mendukung Micro SD. Ini menjadi hal mengembirakan karena Windows Phone 7 sering dikeluhkan dengan tidak adanya slot Micro SD

Peta Digital
Setelah bekerjasama dengan Nokia, Windows phone 8 kini dapat menggunakan Nokia Maps yang sudah terintegrasi pada sistem. Nokia Maps sendiri mempunyai fitur unggulan yaitu Offline Maps. Offline Maps sangat membantu jika pengguna tidak mendapatkan signal atau dalam Offline mode.


Internet Explorer 10
Windows Phone terbaru ini kini menggunakan Internet Explorer 10. Kode aplikasinya sendiri hampir sama dengan kode yang ada pada Internet Explorer 10 pada Windows 8.

Dukungan untuk Skype
Sejak pembelian Skype oleh Microsoft, Skype kini telah menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Pembelian ini mungkin sengaja untuk disiapkan pada Windows Phone 8 sendiri.

Device lama tidak support Windows 8
Ya, device-device yang sudah Menggunakan Windows Phone 7 atau 7.5 seperti Nokia Lumia, tidak dapat akan mendapatkan support Windows Phone 8. Ini disebabkan sistem yang digunakan berbeda. Jadi sebagai gantinya microsoft akan memberikan update 7.8 yang akan merubah tampilan Windows Phone 7 seperti Windows Phone 8. Walaupun begitu pengguna yang sudah terlanjur membeli device lama tetap kecewa.

No comments:

Post a Comment

Source