Pages

Sunday 19 February 2012

Review Steelseries 7G Mechanical Gaming Keyboard

Steelseries7G Mechanical Gaming Keyboard
Mendengar merk steelseries kental dengan nuasa kompetisi dan kualitas. Steelseries 7G sebuah gaming keyboard mechanical yang menggunakan cherry black mx mechanical no clicks switch. Ya mirip dengan Razer Black Widow stealth atau Filco Majestouch Ninja yang tidak berbunyi klik waktu ditekan.



Box nya tipikal steelseries yang lain, bernuasa sama. Dari boxnya bisa dilihat penampakan keyboard 7G. Bebannya cukup berat.


Isi contentnya sederhana sekali namun rapi. Sebuah unit keyboard 7G, palmrest berbahan plastik yang bisa dilepas, konektor ps/2 to usb, manual, dan stiker steelseries. Untuk harga Rp.1.400.000,- keyboard ini sangat minim bonus.



Fitur utama sebuah gaming keyboard yang bagus adalah konektor yang lengkap dengan usb extension dan audio ports. Kabelnya menggunakan braided cable supaya awet.


Bentuknya sangat serderhana berbalut warna hitam, tidak ada backlight dan persis seperti papan keyboard jadul jaman tahun 80an. Indikator lampu capslock, numlock dan scroll lock memakai led warna putih yang cenderung silau ditempat gelap atau sedikit penerangan.

Dengan palmrestnya terpasang bentuknya menjadi lebih kaku lagi seperti sebuah papan mesin ketik. Namun jangan remehkan fungsinya, sangat nyaman sekali mengetik dan bermain menggunakan palmrestnya.



Dengan menggunakan fullsized key dan cherry mx black swith no click, kibor ini cenderung berat dan membutuhkan tenaga jari ekstra untuk menekannya. Bagi tipe pemain yang suka menekan kibornya dengan keras akan sangat suka sekali dengan keyboard ini. Yang belum terbiasa harus membiasakan dulu agak lama.


Tombol multimedia ada hanya dengan menekan tombol kombinasi. Juga keyboard ini membuang tombol windows pada bagian kiri dan menggantinya dengan tombol function berlogo steelseries. Keyboard ini tidak bisa macro, tidak membutuhkan driver, dan intinya fitur dalam keyboard ini hanya untuk kebutuhan dasar mengetik.

Ilfil? Jangan kecewa dulu. Steelseries bukan pabrikan bodoh yang membuat keyboard seri tertingginya ini mahal tanpa fitur dan alasan. Steelseries 7G ini benar-benar dibuat serius oleh steelseries, 7G dirancang oleh gamer-gamer profesional yang telah memikirkan worst scenario terjadi pada keyboard ini , 7G ini sangat kokoh sekali dan diklaim oleh steelseries dapat menerima siksaan sangat berat ketika kita emosi dan menggebrak keyboard dengan sengaja.

Pada setiap switch di setiap keys nya memakai 18k gold plated switch yang memungkinkan untuk meminimalisasi lag dan kegagalan dalam pengetikan. Anti karat. Tidak hanya itu dengan menggunakan no click switch, keyboard ini sangat tenang dan tidak ada yang terlewatkan apabila kita menekan sebuah tombol berulang ulang dengan sangat cepat.

Keyboard ini dapat berjalan pada interface ps/2 maupun usb. Sangat responsif, juga pada saat pengetesan roll over, 7G ini dapat menulis "the quick brown fox jumps over the lazy dog" semuanya dapat tertulis tanpa ada yang hilang.

Intinya keyboard ini hanya untuk profesional gamer FPS khususnya walau memungkinkan untuk dipakai game tipe lain. Namun penyuka MMORPG dan macronya akan jauh-jauh dari keyboard ini. Bahkan anda bisa dengan lega dan tenang untuk bermain Ayo Dance dengan full power unleashed.

Keyboard 7G ini dijamin takkan pernah gagal melakukan perintah anda. Anti Ghosting nya sangat perfect berbagai kombinasi dilakukan, keyboard ini tetap perform dengan sangat bagus. Sangat cocok sekali untuk kompetisi, dengan layout keyboard standar siapapun tidak perlu penyesuaian lama untuk memakai keyboard ini.

Pros :
- Perfect NKRO dan Anti Ghosting
- Standar layout sangat userfriendly
- Tidak butuh driver apapun
- Sangat kuat dan nyaman, tidak perlu khawatir ketika dipinjam ponakan anda yang bermain kasar
- PS/2  dan USB sama-sama bisa dan berperforma sangat bagus

Cons :
- Harga mahal
- Bentuk sangat sederhana, beberapa orang akan ilfil melihat keyboard yang mirip mesin ketik ini
- Tidak ada fitur macro
- Keycaps aslinya mudah keruh, pemakaian beberapa hari warna tulisan tutsnya berubah menghitam pada tempat yang biasa ditekan (kasus reviewer "asdw")

Sumber : Gadget Mall Center

No comments:

Post a Comment

Source