Pages

Saturday 21 January 2012

Review TP-LINK TL-MR3420 3G/ 3.75G Wireless and Router

TP-LINK TL-MR3420 3G/3.75G Wireless and Router


Sejak kehadiran produk-produk dari TP-LINK, networking menjadi lebih mudah, murah dan menyenangkan. Pernahkan anda mengalami hal istri/anak/suami dirumah marah-marah karena rebutan modem GSM/CDMA atau koneksi speedy? Kini ada solusi super murah dari TP-LINK yaitu sebuah wireless router seri TL-MR3420 dengan harga "hanya" Rp.300.000,- , seluruh isi rumah didalam jangkauan wireless router ini bisa menikmati koneksi internet atau hanya sekedar sharing file.


Barang ini sangat mudah didapat, banyak toko-toko yang menjualnya. Packaging dari produk-produk TP-LINK sepertinya dibuat sangat serius dan profesional. Isi dari box seperti gambar dibawah ini, yaitu unit TL-MR3420 sendiri, 2 buah antena , sebuah kabel UTP-5 1m, adaptor, buku manual, quickstart guide, dan brosur produk katalog.




Penampilan dari TL-MR3420 sendiri tidaklah memalukan, bentuknya yang eyecatching berbalut warna putih glossy dengan logo metalik TP-LINK diatasnya. Indikator penunjuk dengan led warna hijau juga sangat mudah dibaca.


Koneksi yang ditawarkan sudah lebih cukup untuk kebutuhan perumahan atau pertokoan kecil. Dua buah konektor antena yang bisa diupgrade memakai antena yang lebih besar untuk penjangkauan lebih jauh, 4 buah LAN ports untuk koneksi data via kabel layaknya sebuah switch, 1 buat port WAN untuk koneksi ADSL (speedy contohnya), dan yang paling menarik adalah slot usb untuk sebuah modem GSM/CDMA.


Diletakkan dimeja dan ditempel di dinding semuanya bisa, hanya penggunaannya untuk indoor jangan diluar karena produk ini bukan weatherproof.



Jangan khawatir soal tempat, produk ini tergolong mungil. Untuk penempatannya harus strategis apabila hendak seisi rumah tercover, seperti ditengah-tengah rumah persis atau ditangga apabila rumah tingkat. Untuk sinyal apa bila dirasa kurang kuat jangan khawathir. Upgrade dengan antena lebih besar, atau membagi kedua antena dengan menyambung kabel coaxial ketempat strategis dan pilihan lain dengan menambah sebuah access point.


Sapa bilang networking rumit dan sulit? TL-MR3420 dijamin simple and easy, jika anda hendak menggunakannya untuk wifi transfer data cukup nyalakan produk ini, connect dan sudah cukup anda bisa bertransfer data via wifi ( pengaturan network pada windows diperlukan khususnya file sharing win xp ke win vista/7). Punya modem 3G atau EVDO langsung saja tancap di slot usb yang disediakan, beberapa produk modem yang beredar langsung terbaca dan terkoneksi otomatis tanpa perlu setting lain-lain, untuk beberapa provider perlu memasukkan username dan password, dan modem yang tidak terdeteksi silahkan langsung update firmware.

Fitur-fitur utamanya :
  • Compatible with UMTS/HSPA/EVDO USB 3G/3.75G modems, tested in the field
  • 3G/WAN failover guarantees an "always-online" Internet connection
  • Wireless N speed up to 300Mbps
  • Supports PPPoE, Dynamic IP, Static IP, PPTP, L2TP Cable Internet access
  • CCA technology enhances users' signal stability by automatically avoiding channel conflicts
  • Easy wireless security encryption at the push of the QSS button
  • WDS wireless bridge provides seamless bridging to expand users' wireless networks
  • IP based bandwidth control allows administrators to determine how much bandwidth is allotted to each PC



Koneksi menggunakan ADSL juga sama mudahnya, hanya colokkan modem ADSL dengan kabel utp ke port WAN dan unit siap untuk digunakan internet bersama-sama. Juga untuk pengguna CCTV online (dengan setting port khusus) bisa dengan leluasa juga memantau bisnisnya dengan tablet misalnya via wireless dimanapun selama terjangkau sinyal.


Punya koneksi ADSL dan Modem 3G/EVDO lebih diuntungkan, karena produk ini mempunyai fitur fantastis apabila koneksi utama contohnya speedy terputus mendadak maka dalam sekejap koneksi dari contohnya smart langsung membackup koneksi yang terputus tadi. Sehingga sangat bagus sekali untuk kebutuhkan download yang tidak bisa dilanjut dalam proses downloadnya.






Backward compatibility terhadap produk-produk networking lama tidak masalah dengan produk ini. Bahkan bandwidth transfer ratenya bisa diatur. Kerennya lagi anda bisa membagi bandwidth untuk setiap IP, sehingga bila anda ingin berbagi dengan tetangga maka anda bisa mengaturnya misal diberikan hanya 50 kbps hanya untuk bermain counter-strike.



Semuanya serba otomatis sehingga begitu mudah, memang untuk penggunaan operasional khusus diperlukan keahlian networking. Namun penggunaan pada umumnya tidak diperlukan skill apapun.

Soal keamanan, TL-MR3420 dipersenjatai segudang fitur keamanan sebut saja NAT Firewall, SPI Firewall, MAC / IP / Packet / Application / URL Filtering, Denial of Service(DoS), SYN Flooding, Ping of Death, 64/128 bit WEP, WPA-PSK/WPA2-PSK, Wireless MAC Filtering. Jadi jangan khawatir untuk penggunaan pribadi data-data anda dikomputer aman, juga tidak sembarang orang bisa koneksi ke wireless router anda dan harus memasukkan password dengan benar.


Jika hanya ingin membuatnya sebagai acess point, maka ada fitur bridging yang bisa digunakan untuk memperluas jangkauan. Misal anda memiliki wireless router lain dan ingin memperlebar jangkauannya tinggal di bridging saja ke TL-MR3420, maka anda memiliki jangkauan lebih luar lagi sebesar yang TL-MR3420 bisa jangkau.

Segudang pameran diatas dengan harga super murah, untuk pengetesan yang sudah dilakukan tim Laopan TL-MR2420 mampu bertahan dengan awet lewat pemakaian 24 jam selama 1 bulan tanpa pernah ada kendala apapun. Soal kecepatan asal receiver networknya bisa bersanding di kecepatan maksimum 300Mbps maka bukan hanya tulisan namun memang faktanya bisa berjalan dikecepatan tersebut untuk transfer data. Penggunaan bridging sebagai access point sedikit menderita dibagian ping, sehingga jangan gunakan sebagai access point dalam bermain game.

Pembacaan modem usb 3G maupun EVDO memakan waktu cukup lama sekitar 5-10 menit, apabila tidak sengaja mati lampu sebentar harus menunggu cukup lama untuk terkoneksi kembali.


Terkadang kasus seperti penggunaan modem ADSL tertumpuk dengan IP milik TL-MR2420 dan tidak bisa terkoneksi ke internet. Tidak masalah, tinggal ubah saja nilai IP di TL-MR2420 menjadi angka lain.

Mudah sekali Laopan untuk merekomendasikan produk ini, karena harganya yang super murah dengan segudang fitur yang ada. Meskipun di forum-forum lain ada yang mengalami kerusakan pada pemakaian beberapa bulan, namun milik Laopan ini tidak pernah terjadi masalah. Jika anda berbudget tipis dan ingin mencari solusi wireless router networking yang murah maka inilah pilihan paling tepat! Segala kebutuhan wireless networking ada didalam TL-MR2420 mungil ini.


No comments:

Post a Comment

Source