Pages

Tuesday 10 January 2012

Review GPS Superspring SF510


" Superspring GPS siap menemani perjalanan anda"

GPS Superspring SF510

Pada kesempatan kali ini tim laopan mereview sebuah GPS murah meriah keluaran superspring. Mungkin ada beberapa dari anda asing dengan merek ini. Berbeda dengan merek-merek terkenal seperti Garmin, produk ini memang ditujukan sebagai solusi GPS murah meriah hanya dengan harga Rp.700.000,- anda sudah bisa memiliki sebuah GPS handal.


Paket penjualannya lengkap dengan dua tipe charger untuk ac adaptor dan 12v dc car adaptor, usb transfer cable, mounting, earphone, kartu garansi, buku manual bahasa Inggris, buku manual bahasa Indonesia, dan tentu saja unit GPS nya itu sendiri.


Murah bukan berarti berbahan murahan, casing dari Superspring SF510 ini berbalutkan aluminium sehingga sangat kokoh. Bentuknya juga manis membuat mobil anda lebih keren dan serasa mahal.






Tersedia juga slot MMC untuk menampung data-data yang diperlukan. Memori tidak termasuk dalam unit dan harus membeli sendiri. Memakai memori tipe SD.

LCD nya terang walau ditempat yang terang, dan resolusinya cukup tajam dan fokus. Walau laopan lebih berharap LCDnya bisa lebih baik lagi, apa daya dengan harga demikian. Namun hal ini tak mengganggu keseluruhan fungsi.

Menunya lengkap, pada dasarnya GPS ini adalah sebuah PDA berbasis windows CE yang dibenamkan sebuah chipset GPS khusus dan software khusus menjadi sebuah produk GPS. Maka tidak heran selain sebagai GPS juga bisa berfungsi sebagai media player, games, notes dan radio transmitter. Bisa dengan baik memutar file-file mp3 dan sedikit kesusahan untuk mendapatkan framerate yang bagus pada pemutaran video. Dimaklumi karena hardware yang dipakai tidak begitu powerful.




Ada beberapa game yang terinstall, bisa menemani dikala bosan menunggu dimobil atau bisa dibawa kemana-mana sebagai pocket gps gaming dan multimedia player. Fitur keren disini adalah radio transmitter. File mp3 atau video yang diputar bisa dipancarkan melalui gelombang radio dan diterima oleh head unit mobil atau radio lainnya.

Program GPS nya sendiri menggunakan NAVITEL versi Indonesia. Superspring ini berkerja sama dengan dengan Menkominfo sehingga data-data untuk sebagian kota besar di Indonesia lumayan lengkap. Kebetulan laopan mengetesnya untuk dikota-kota besar pulau jawa.

Disediakan stylus pen untuk menulis apabila pemakaian jari tidak memungkinkan. Mungkin penggunaan untuk pertama kali langkah pertama adalah kalibrasi layar sentuhnya dahulu sehingga akurat untuk ditekan-tekan.


Untuk mengunci satelit dari keadaan mati memakan waktu sekitar 1-10 menit tergantung cuaca dan sinyal yang didapat. Tapi tidak perlu khawatir bila bepergian cukup masukkan ke sleepmode maka GPS akan terus mengunci satelit walau dalam keadaan mati. Bisa bertahan cukup lama dengan menggunakan batere.

Penggunaan GPS sendiri dengan mengandalkan batere yang ada bisa bertahan 60-120 menit dan disarankan untuk menggunakan charger mobil bila hendak menggunakannya untuk perjalanan jauh.

Selain menunjukkan peta dan lokasi GPS berada, juga ada sistem navigasi penunjuk jalan yang sangat berguna.


Searchingnya sangat mudah, hanya perlu memasukkan POI (point of interest) dan bila tidak ditemukan maka anda dapat membuat titik waypoint sendiri.

Navigasinya sangat mudah dibaca, bila dirasa banyak tulisan-tulisan mengganggu dilayar, kita bisa menghilangkannya golongan yang tidak kita inginkan. Juga dilayar terlihat jam, jarak tempuh total, dan jarak tempuh junction berikutnya. Petanya juga bisa perbesar atau perkecil, juga ada fitur auto zoom dimana kecepatan kendaraan semakin cepat maka peta akan otomatis mengecil sehingga jarak pandang lajur terlihat jelas.

GPS pintar ini juga bisa kita set sedang menggunakan kendaraan apa. Bila kita set ke motor atau pejalan kaki, GPS bisa membuat rute jalan tikus yang tidak bisa dilalui mobil.

Tidak suka dengan tampilan 2D, ubah saja ke tampilan 3D. Bahkan kita bisa mengatur tingkat kemiringan 3D. Juga kita bisa mengubah-ubah suara default Indonesia menjadi ke Inggris dan bisa didapatkan di websitenya navitel.

Spesifikasi dari superspring SF510 itu sendiri adalah sebagai berikut :
Spesifikasi:
• Software : Navitel Original
• Map : Indonesia map
• Chipset SIRF ATLAS 5(SIRF V)
• Layar sentuh 4.3″
• Theme dan Wallpaper bisa diubah
• ROM internal 4GB
• Mendukung banyak peta navigasi
• Sistem operasi Windows CE 6.0
Ijin POSTEL:
90/DJSDPPI/KOMINFO/II/2011
Software:
* Navitel Navigator Original
Map:
* Indonesia Map (www.navigasi.net)
Chipset:
* SiRF Atlas V (System sirf IV)
* Speed Processor: 600MHz
Screen:
* 4.3 Inch TFT (Touch Screen)
* Resolution: 480 x 272 pixels
Memory:
* Memory: 4 GB
* Internal RAM: 128 MB
* External Slot: SD card support up to 16 GB
USB:
* Mini USB for data and charging
* Type: USB Mass Storage/ActiveSYNC
Sound:
* Internal speaker
* External audio jack 2.5mm
Satellite Receiver:
* Hot start: 1~2 seconds
* Cold start: 40~60 seconds
Battery:
* Internal battery capacity 800 mAh
* Type: Li-Ion
* Battery life: 1~1.5 hours (running GPS)
Other Feature:
* FM Transmitter
* no AV in
Detail of the product:
* Body: (soon)
* Dimension: (soon)
Software:
* Support many navigation software
Multimedia:
* Music file format: MP3, AAC, WAV, WMA, etc.
* Video file format: MP4, MPEG, WMV, ASF, DAT, AVI, DIVX, etc.
* Photo viewer: JPEG, BMP, GIF, PNG
* Games: several simple games
* e-Book: TXT, PDF*, PowerPoint, Word, Excel
Accessories include:
* Stylus pen
* Car holder (pengait kaca mobil) + bracket
* AC adapter (charger listrik)
* DC adapter (charger mobil)
* EarPiece
* USB cable
* Buku Petunjuk
* Kartu Garansi
Warranty:
* 12 months (include parts/hardware only)
* LifeTime (accessories)




Pada malam hari GPS ini juga otomatis berubah ke mode malam dimana warnanya menjadi gelap kecoklatan sehingga tidak menyilaukan mata dalam kabin gelap.

GPS Superspring SF510 ini sangat surprising mengingat harganya yang miring mempunyai fitur yang luar biasa. Tim laopan sangat terbantu ketika pergi ke Semarang hanya bermodalkan GPS ini untuk menunjukkan jalan dan tempat wisata. Laopan benar-benar tidak tahu dan buta jalan di Semarang, namun GPS hebat ini bahkan mengenali lajur jalan, rute terdekat dan jalan satu arah.

Juga untuk mencari jalan pintas sangat praktis sekali.

Overall GPS ini Laopan rekomendasikan karena fiturnya yang lengkap, handal dan murah. Tentunya anda tidak keberatan dengan merek, layar dan kecepatan prosesornya kan?

Sumber : Gadget Mall Center







No comments:

Post a Comment

Source