Pages

Monday 23 January 2012

Review Logitech Wireless Touch Keyboard K400

Logitech Wireless Touch Keyboard K400


Logitech Wireless Touch Keyboard K400 ini adalah keyboard nirkabel yang mempunyai konsep utama sebagai HTPC keyboard (Home Teather Personal Computer). Dengan menggabungkan sebuah slim keyboard dan touchpad 3.5mm seperti layaknya sebuah laptop. Jaraknya 10 meter dengan receivernya sudah sangat cukup sekali untuk didalam ruangan home teather. Seperti sebuah remote control PC.


Urusan desain box, logitech memang jago memberikan iming-iming kepada calon pembelinya.


Hal packaging tidak ada yang bisa diprotes, semuanya ringkas tidak membuang-buang sisa ruang. Didalamnya hanya ada sebuah unit K400, unifiying bluetooth receiver, usb extender, dan sebuah brochure manual hitam putih. Material yang dipakai lumayan bagus dan tidak memalukan, built quality nya memang sudah cap logitech alias rapi sekali.


'

Sizenya sangat ringkas seperti gambar diatas menggambarkan berapa perbandingan besar K400 dengan Razer Arctosa. Layoutnya dibuat sangat ringkas, keypad diselipkan dibawah tombol enter dengan memangkas tombol shift kanan menjadi kecil yang cukup menyulitkan kadang salah menekan tombol. Tombol seperti scroll lock, print scr, pause, page up, page down, end, home dijadikan satu dengan simbol warna biru. Apabila hendak menekannya, cukup kombinasikan tombol FN di samping ctrl dengan tombol fungsi yang diinginkan.

Ringkas dan mungil hingga dimeja yang sempit bisa muat dan luas

Tipis, sangat ringan seperti membawa sebuah galaxy tab, dan tombolnya nyaman. Tidak ada yang terlewatkan atau sulit ditekan tombol-tombolnya. Feedbacknya juga sangat bagus
Hendak berpergian lama dan tidak dipakai, matikan saja melalui switch yang disediakan. Menurut logitech, k400 ini daya baterenya dapat bertahan 12 bulan pemakaian normal dengan alkaline battery

Dengan dua buah alkaline batere untuk setahun rasanya produk ini sangat hemat energi. Tidak usah khawatir soal batere saat membelinya. Logitech berbaik hati memberikan bonus batere 2 buah.

Dapat disimpan berdiri secara vertikal tanpa bantuan. Sangat pas sekali dengan konsep HTPC seperti sebuah buku tipis.

K400 ini tergolong murah untuk sebuah wireless keyboard yang berkualitas dengan harga Rp.375.000,- sudah dapat memboyongnya pulang. Disediakannya touchpad maka tidak diperlukan lagi mouse ekstra, sebuah pengiritan dana dan tempat karena praktis. Disisi kiri atas disediakan tombol mouse clik kiri, sehingga kita bisa memegang keyboard ini layaknya controller playstation.

Dengan menggunakan 2.4GHZ wireless yang disematkan 128-bit AES encryption menjamin keamanan anda menggunakan keyboard ini saat hendak bertransaksi atau menulis hal penting dan bersifat rahasia.
Touchpad sebesar 3.5" mirip seperti laptop punya, meski tidak responsif namun gerakannya smooth dan laopan rasa itu cukup karena touchpad memang tidak dipergunakan untuk kebutuhan gaming. Namun jangan khawatir untuk penyuka main game, laopan tidak lupa mencobanya untuk bermain CSonline. Hasilnya K400 berperform bagus dan responsif, gejala lag tidak dirasakan walau ini sebuah keyboard wireless.
Yang laopan tidak suka dari keyboard ini adalah penekanan tombol shift kanan yang kecil sehingga sering salah pencet tombol up, tidak adanya lampu indikator yang menunjukkan k400 menyala, capslock, scroll lock dan numlock (numlock tidak dibutuhkan karena tidak ada numpad).

Juga untuk sebuah keyboard multimedia sangat minim sekali logitech memberikan tombol multimedia. Sehingga kita harus sedikit kerepotan karena terbatasnya shortcut di keyboard ini. Untungnya tombol volume dan internet home tidak dihilangkan.

Kesimpulan yang diambil memang keyboard ini cocok sekali untuk HTPC, solusi paling murah. Untuk menggantikan fungsi keyboard laptop hendaknya memilih produk lain yang lebih besar ukurannya. Karena tidak ada bedanya dengan keyboard laptop rasanya. Untuk pemanis desktop, cukup ringkas dan manis walau masih banyak keyboard yang lebih kelap kelip dengan harga yang sama.

Logitech memang sangat berpengalaman dalam hal periferal komputer. Laopan suka sekali dengan keyboard ini karena kecil dan ringan untuk dibawa-bawa, mudah disimpan, tutsnya enak, sangat menyenangkan sekali browsing di TV 32" menggunakan K400 sambil duduk dan tiduran. Walau bisa untuk gaming activity, namun laopan tidak merekomendasikannya, carilah keyboard khusus gaming yang memiliki latency rendah dan tombol yang mudah ditekan.
Pros  :
- Batere tahan lama
- Sangat ringkas, ringan dan mudah disimpan
- Touchpad solution, tidak butuh mouse tambahan menjadikan browsing santai disofa lebih menyenangkan
- Harga masuk akal dan terjangkau bagi yang ingin membuat HTPC
- Plug n Play. Tidak butuh driver, tidak butuh settingan, kompatibel diseluruh windows XP, vista dan 7 system.

Cons :
- Tidak ada lampu indikator
- Tombol shift yang dipangkas sering salah tekan, juga penyatuan dan pengecilan tombol F1-F12 tidak bisa hanya dengan meraba, harus dilihat mana tombolnya.
- Tombol multimedia minim

Sumber : Gadget Mall Center

No comments:

Post a Comment

Source